Welcome to my blog :)

rss

Rabu, 30 November 2011

Kasiat buah ciplukan

Di negara kita terdapat banyak tumbuhan berkhasiat untuk mengobati berbagai penyakit. Mungkin diantara kita belum banyak yang tahu apa itu tumbuhan CIPLUKAN yang berkhasiat untuk mengobati diabetes (kencing manis).
Artikel ini saya posting disini untuk sharing kepada rekan2 pengidap diabetes (kencing manis).
Artikel ini merupakan pengalaman pribadi Bapak Suharto Kasan yang beliau ceritakan di Facebook Komunitas Diabetes Indonesia sbb:
Pada lebaran Idul Fitri th 2010, sekembalinya pulang kampung dari Jawa Timur, saya merasa lemah, selalu ngantuk dan cepat merasa haus.
Setelah periksa glukosa sewaktu (tanpa puasa) hasil uji lab Prodia terdeteksi angka 430. Setelah meminum obat dari dokter dan berusaha tidak makan makanan yang mengandung glukosa (sangat tidak nyaman), kembali normal.

Dari seorang teman saya dianjurkan minum rebusan pohon Ciplukan (jawa), Cecendet (sunda), dan sampai saat ini biasa2 saja kalau minum teh manis, kopi manis atau makan makanan yang dilarang bagi penderita diabetes.
Entahlah pohon ciplukan yang tumbuh liar itu mengandung apa, kenyataannya bisa saya pakai andalan untuk bisa menikmati sisa hidup.
Di daerah asal saya Surabaya orang menamakan Ciplukan, tapi ada juga menyebut Ceplukan
Mengenai takaran cara merebusnya, selama ini hanya kira-kira saja, mungkin perlu bantuan atau masukan dari yang lebih ahli untuk lebih tepatnya.
Pohon Ciplukan dicabut pelan2 beserta akarnya setelah dicuci bersih dari tanah dan kotoran lainnya kemudian direbus. Air rebusannya disaring, kemudian diminum, selama ini takaran yang saya minum bervariasi tergantung berapa banyak mendapatkan pohon ciplukan.
Menurut pendapat saya akan bagus bila secara kontinyu minimal 1 gelas dan idealnya 2 gelas sehari bila memungkinkan, karena mendapatkan pohon Ciplukan bisa dikatakan gampang2 susah. Konon mengkonsumsi rebusan Ciplukan melebihi takaran tidak menimbulkan efek samping, dan ini pernah saya lakukan.
Yang perlu diingat pengobatan secara herbal tidak seperti secara medic, butuh waktu yang panjang dan terus menerus.
Jujur saja saya tidak mengerti bagaimana Ciplukan bisa menstabilkan gula yang ada di darah, apakah membentuk insulin, atau memperbaiki pancreas yang rusak hingga bisa memproduksi insulin kembali. Tentu saja ini diluar pengetahuan saya, apabila para pembaca ada yang berkenan menerangkan kami sangat berterima kasih.

Tidak ada komentar: